Fungsi, Unsur Estetika dan Ekonomis Produk Kerajinan dari Bahan Keras



Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Keras

Prakarya dan Kewirausahaan - Pada materi kerajinan dan bahan lunak sudah dibahas tentang fungsi produk kerajinan. Kamu diharapkan dapat mengeksplorasi fungsi produk kerajinan tersebut ditinjau dan bahannya. Seperti pada produk kerajinan dan bahan lunak, produk kerajinan dan bahan keras juga memiliki fungsi sebagai benikut.

Benda pakai, adalah karya kerajinan yang diciptakan mengutamakan fungsinya. Unsur keindahannya hanyalah sebagai pendukung.
Benda hias, adalah karya kerajinan yang dibuat sebagai benda pajangan atau hiasan. Jenis mi Iebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan atau segi fungsinya.

Unsur Estetika dan Ekonomis Produk Kerajinan dari Bahan Keras

Dalam perkembanganya produk, kerajinan tidak dapat melepaskan din dan unsur-unsur seni pada umumnya. Sentuhan-sentuhan estetik sangat penting untuk mewujudkan karya kerajinan atraktif dan bernilai ekonomis. Pada produk kerajinan, aspek fungsi menempati porsi utama. Maka, karya kerajinan harus mempunyai nilai ergonomis yang meliputi: kenyamanan, keamanan dan keindahan (estetika). 

Fungsi, Unsur Estetika dan Ekonomis Produk Kerajinan dari Bahan Keras - Prakarya-dan-Kewirausahaan.blogspot.com

 
Pada materi kerajinan dan bahan lunak, kamu sudah mempelajari tentang unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan dan bahan lunak. Diharapkan kamu dapat mengenali dan mengeksplorasi tentang unsur estetika dan ergonomis serta mengembangkan produk-produk kerajinan dan bahan keras yang ada di daerahmu dan di wilayah Nusantara. 

Motif Ragam Hias Produk Kerajinan dan Bahan Keras  Produk kerajinan dan beberapa daerah di Indonesia sudah dikenal di mancanegara sejak zaman dahulu. Keanekaragaman produk kerajinan tersebut memiliki motif dan ragam hias yang khas di setiap daerah. Setiap motif dan ragam hias mempunyai nilai keindahan dan keunikan serta makna simbolis yang penuh perlambangan dan juga nasihat. Beberapa daerah yang terkenal ukiran atau pahatannya adalah Jepara, Yogyakarta, Cirebon, Bali, Toraja, Palembang, Kalimantan, dan masih ada daerah lainnya. Kita perlu mengenal dan melestarikan motif dan ragam hias Nusantara. Kekayaan kreasi bangsa Indonesia penlu kita syukuri sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel