Kerajinan Dari Cangkang Kerang Dan Cara Membuatnya

Kerajinan Cangkang Kerang | Contoh Inovatif untuk membuka usaha berikutnya adalah membuat kerajinan tangan dari cangkang, Contoh Ide Kreatif dan Inovatif ini merupakan kelanjutan dari inovasi wirausaha sebelumnya tentang cara membuat kerajinan dari sisik ikan. Dalam artikel ini akan dibahas  kerajinan dari cangkang kerang dan cara membuatnya yang diharapkan bisa menjadi Contoh Wirausaha Sukses. Berikut ini pemaparan lengkap tentang kerajinan dari cangkang kerang dan cara membuatnya ini.
Kerajinan Dari Cangkang Kerang Dan Cara Membuatnya



Limbah Cangkang Kerang

Perairan Indonesia sangat luas dan banyak, banyak pula kerang yang hidup di dalamnya dan beraneka ragam pula bentuknya. Kita harus bersyukur atas keindahan alam Indonesia yang kita miliki. Apakah kamu mengetahui apa itu kerang? Bahasa latin kerang yaitu molusca, yaitu hewan air yang bertubuh lunak yang memiliki cangkang.

Cangkang kerang terdiri atas cangkang kerang betina dan jantan. Cangkang kerang betina bersifat lebih lebar, tebal, dan tidak mudah rapuh dibanding cangkang kerang jantan. Para pengrajin kerang menggunakan
cangkang kerang yang lebih kuat dan kokoh, artinya cangkang kerang yang digunakan adalah jenis kerang betina

Cangkang kerang terbagi dua yaitu cangkang kerang betina dan jantan. Jika di daerah perkotaan atau pinggir kota, limbah cangkang kerang banyak dijumpai pada restoran sea food, pasti kita dapat menemui jenis kerang laut yang menjadi limbah. Kulit kerang memang memenuhi tempat sampah, karena ukuran daging kerang yang kecil membuat limbah dari cangkang kerang ini menjadi menumpuk dan tidak sedap dipandang. 

Banyak orang sudah memanfaatkan kerang ini sebagai karya kerajinan. Turis mancanegara pun banyak yang menyukai karya kerajinan dari cangkang kerang produksi pengrajin Indonesia. Dahulu cangkang kerang dibuat produk mainan anak, anak-anak sangat senang menggunakan mainan dari kerang yang berbentuk aneka hewan lucu dengan pembuatan teknik tempel. Namun berkembangnya teknologi, kerang tidak hanya
dibuat dengan cara disusun dan ditempel tetapi juga dibor bahkan dipadukan dengan bahan logam. Dengan kreativitas dan inovasi dengan cangkang kerang dapat dihasilkan kerajinan yang luar biasa indah dan unik.
 

Proses Kerajinan Cangkang Kerang

Adapun proses pengolahan cangkang kerang setelah diambil dari pantai adalah :

1) Cangkang kerang dipilah-pilah sesuai ukuran dan bentuknya.
 
2) Dicuci dengan menggunakan air mengalir dan direndam dalam larutan natrium soda, agar sisa-sisa daging kerang dan kotoran, serta bau yang ada di dalam cangkang kerang dapat larut.
 
3) Dikeringkan dengan pengering, tidak menggunakan sinar matahari langsung, agar kualitas kerang tetap terjaga baik.

4) Persiapan bahan baku cangkang kerang dengan cara dikikir, diamplas, ataupun dipotong sesuai kebutuhan.

5) Cangkang kerang siap dibuat produk kerajinan sesuai desain yang telah dibuat.

a. Bahan dan Alat Pembuatan Kerajinan dari limbah cangkang kerang :

Bahan dan Alat Pembuatan Kerajinan dari limbah cangkang kerang


Hasil dari limbah cangkang kerang adalah  kerajinan yang unik dan disukai banyak orang. Cangkang kerang yang berukuran kecil dan pipih dapat dibuat sebagai pelapis tempat sabun, penghias frame foto atau cermin, kap lampu, kotak perhiasan, aneka lampu, dan sebagainya. Sedangkan kerangkerang yang berukuran sedang dapat dijadikan sebagai tirai, replika hewan, bunga, miniatur bangunan, dan masih banyak lagi.

b. Produk kerajinan dari limbah cangkang kerang:

inovasi-wirausaha.blogspot.co.id - Produk kerajinan dari limbah cangkang kerang

c. Proses Pembuatan Kerajinan dari limbah kerang

inovasi-wirausaha.blogspot.co.id - Proses Pembuatan Kerajinan dari limbah kerang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel